Minggu, 30 Oktober 2016

2PA04 - Tugas 2 - Kelompok 5 - Psikoterapi: Psikologi Klinis dalam Internet

PSIKOTERAPIS DENGAN BANTUAN INTERNET
            Psikoterapi (psychotherapy) dapat diartikan sebagai terapi kejiwaan, terapi mental, atau terapi pikiran. Menurut Hamdani (2001), psikoterapi adalah pengobatan penyakit dengan cara kebatinan atau penerapan teknik khusus pada penyembuhan penyakit mental atau pada kesulitan penyesuaian diri setiap hari. Sedangkan Maznah dan Zainal (2003), berpendapat bahwa psikoterapi adalah suatu proses membantu individu bermasalah yang lebih serius dengan jangka waktu pengobatan yang lebih lama dan melibatkan peranan psikiatris yang berkemahiran dalam bidang psikologi dan pengobatan.
            Tujuan psikoterapi adalah untuk mengembalikan keadaan jiwa klien yang terganggu agar bisa berfungsi kembali dengan optimal, sehingga bisa berfungsi kembali dengan optimal. Pada umumnya, psikoterapi menggunakan metode wawancara tatap muka perorangan (face to face), tetapi dalam prakteknya, terdapat banyak variasi teknik psikoterapi, salah satunya adalah psikoterapi via internet / online. Psikoterapi via internet cukup banyak diminati dan sangat berguna bagi klien, karena cenderung lebih efisien dan sistematis, di mana klien tidak perlu mendatangi tempat konselor tersebut, melainkan hanya dengan membuka situs psikoterapi online dan langsung melakukan terapi yang diinginkan.
            Proses pelaksanaan psikoterapi online akan berhubungan dengan semua perangkat pendukung layanan tersebut; hardware, software, networking infrastructure, yang memungkinkan konselor dan klien melakukan kegiatan tersebut. Psikoterapi online dengan ruang lingkupnya membawa banyak dampak positif bagi pemberian bantuan kepada klien. Psikoterapi online membantu banyak klien yang memiliki masalah dengan kecemasan, gejala depresi, permasalahan hubungan sosial, keluarga, tingkah laku, konflik di tempat kerja, dan kecanduan.

BENTUK APLIKASI PSIKOTERAPIS DENGAN BANTUAN INTERNET
1.     ELIZA à sebuah program perangkat lunak yang ditulis oleh Joseph Weizenbaum pada 1960 untuk meniru komunikasi seorang terapis.
2.     E-Terapi à sebuah modalitas psikoterapi baru yang menyediakan cara mengakses seorang profesional kesehatan mental kepada klien.

KELEBIHAN PSIKOTERAPIS DENGAN BANTUAN INTERNET
1.     Lebih hemat waktu, karena klien tidak peril repot untuk datang ke tempat terapis.
2.     Lebih hemat, karena pada umumnya, psikoterapi yang dilakukan secara online memiliki harga yang lebih murah dibanding datang langsung ke tempat terapis, beberapa psikoterapis online juga tidak memungut biaya.
3.     Cocok untuk orang yang memiliki kepribadian pemalu / canggung, karena berbicara lewat internet cenderung membuat orang tertutup lebih lugas dalam berkomunikasi.

KETERBATASAN PSIKOTERAPIS DENGAN BANTUAN INTERNET
1.     Terapis tidak mengetahui bagaimana keadaan klien yang sesungguhnya.
2.     Terapis tidak dapat mengetahui bahasa tubuh klien, tatapan mata, dan tata bicara klien.

Referensi:
Ardi, Zadrian dan Frischa Meivilona Yendi. 2013. Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol. 1 No. 1.

NPM
NAMA
JOBDESK
URL
10515654
Anastasia Deanira R.
Searching
http://anastasiadeanr14.blogspot.co.id
13515663
Karinta Oktavia H.
Searching, editing
http://kavyashrxx.blogspot.com
14515234
Moch. Hesrian Z.
Searching
https://hesrianzulyana.wordpress.com
14515737
M. Reza F.
Searching
http://mfahlevi.blogspot.co.id/
16515798
Tadashi Y.S
Searching
https://tadashashi.blogspot.co.id/



11 komentar:

  1. Saya baru mengetahui ternyata ada konseling via internet, saya setuju dengan post ini karna konseling via internet lebih hemat waktu, hemat uang serta hemat tenaga. Kita tidak perlu mendatangi tempat konseling, tapi bisa menggunakan akses internet.
    Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya sangat bermanfaat.
    Yang sebelumnya saya tidak tahu bahwa ada psikoterapi online sekarang menjadi tahu.

    BalasHapus
  3. saya baru tahu bahwa ada psikoterapi online, terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu bahwa ada psikoterapi via online, terapi ini akan sangat menghemat waktu dan uang. Terima Kasih

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas infonya. Isinya sangat bermanfaat bagi pembaca, pembaca jadi lebih tau dan mengerti :)

    BalasHapus
  6. materi ini sangat bermanfaat. karna psikoterapi merupakan salah satu terapi yang sangat berguna. dan dengan psikoterapi via internet ini dapat lebih memudahkan masyarakat untuk menggunakan nya

    BalasHapus
  7. Konseling psikologi online ternyata sangat efisiensi dalam waktu, uang dan tenaga. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  8. bagus sekali infonya , sangat penting bagi kita segala suatu hal yang praktis di era modern saat ini:)

    BalasHapus
  9. Wahh, informasinya sangat membantu. Terimakasih ^^

    BalasHapus
  10. Terima kasih telah berbagi artikel yang bermanfaat dan saya baru mengetahui tentang psikoterapis dapat dilakukan secara online :))))

    BalasHapus
  11. trimakasih atas informasi yang bermanfaat ini... saya dapat mengetahui bahwa ternyata kita dapat konseling via internet, hal ini sangat menarik untuk dicoba..

    BalasHapus

Comments system

Disqus Shortname